UIUX Case Study — Amartha Gold Investment

Fadel Fachrezi
3 min readSep 28, 2022

--

⚠️ Disclaimer : Studi kasus ini merupakan kebutuhan pelatihan Professional Academy Digital Talent Scholarship (DTS PROA) UI/UX Design Mastery Batch 3 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Skilvul dan Amartha sebagai chalenge partner. dan demikian saya tidak memiliki ikatan kerja sama, kontrak kerja dengan Pihak Amartha

Latar Belakang

Project Amartha Gold Investment merupakan sebuah challenge yang ditujukan untuk peserta pelatihan DTS PROA UI/UX Design khususnya yang mengambil Amartha sebagai studi kasus, yang diadakan oleh Kominfo & Skilvul, secara garis besar project ini bertujuan untuk menambahkan fitur baru pada aplikasi Amarha yaitu Investasi Emas

Objektif

Project ini memiliki tujuan untuk membuat fitur investasi emas dengan detail sebagai berikut :

  • Melakukan Rangkaian Proses UX Research untuk menghasilkan fitur yang baik dan benar serta mudah digunakan
  • Merancang User Interface & User Experience fitur investasi emas pada aplikasi Amartha
  • Melakukan Testing pada rancangan yang sudah dibuat guna mendapatkan feedback dan menghasilkan continous improvement

Peran Dalam Tim

Pada project ini saya berkolaborasi dengan banyak orang hebat diataranya adalah Abdilah Pras, Dony Wiantoro, Ichsanarf & Jeremiah Wednesdito, adapun tugas dan peran saya diantaranya ;

  • Melakukan UX Rsearch
  • Merancang UI/UX
  • Melakukan Testing pada design UI/UX yang telah dibuat

Design Process

Pada case ini Saya & Tim menggunakan Design Thinking sebagai pendekatan design process yang saya lakukan, design thinking dipilih karena mampu memberikan inputa berupa solusi pada sebuah pemasalahan yang sesuai dengan kebutuhan user, baik dari sisi teknologi maupun dari sisi bisnis.

1. Emphatize

Pada project ini sayamemulai dengan mengenal dan memahami keinginan, kebutuhan, serta apa tujuan users ketika menggunakan sebuah produk. hal ini saya lakukan dengan melihat review dari Aplikasi Amartha dan juga competitor review adapun beberapa competitor yang saya analisis adalah

  • Pegadaian
  • Tokopedia Emas
  • BukaEmas
  • Pluang
  • Tamasia

2. Define

selanjutnya saya mengumpulkan semua informasi yang sudah diperoleh dari tahap sebelumnya kemudian melakukan pengamatan untuk mengetahui apa kebutuhan users. adapun pain point yang saya dapat diantara lain

Pain Point

3. Ideate

Setelah proses Define saya menemukan ide-ide solutif yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang sudah didefinisikan sebelumnya. selain itu juga muncul banyak mungkin sudut pandang serta ide-ide baru untuk fitur Investasi Emas Amartha.

How Might We

Setelah memiliki How Might We saya melakukan analisa dan menghasilkan solution Idea

Design Thingking

4. Prototyping

Pada tahapan ini saya memulai dengan membuat user flow lalu melanjutkan nya dengan Wireframe dan Design System, setelahnya saya menurunkan Wireframe kedalam bentuk UI Design & Prototype

User Flow
Design System
Prototype Login dan Beli Emas

5. Testing

saya sudah melakukan testing pada beberapa responden dan berikut hasilnya

Kesimpulan

Setelah melakukan Serangkaian Proses project ini, kami mendapat beberapa feedback , setelah ini kami perlu melakukan beberapa improvement dalam design . User Research sangat bermanfaat dan bisa membuat design jadi lebih baik sebelum masuk ke development.

Rekomendasi

Fitur Investasi Emas berupaka fitur yang memiliki banyak sekali kesempatan untuk melakukan perkembangan bisnis dan menjadi loyalty user, maka dari itu Loyalty Program akan sangat cocok dengan fitur ini

--

--

Fadel Fachrezi

Tidak bisa disebut penulis, hanya pria yang suka bercerita soal rasa